Skip to main content
BLOG F2P

follow us

Hati-hati belanja online dimana saja

Internet di tahun ini 2017 dan akan datang 2018 untuk kamu yang suka belanja online harus berhati-hati karena penipuan di internet itu sangat banyak sekali dan beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang Kemjuan Internet Indonesia , saya menuliskan tentang hacker dan banyak lagi , lain dengan kasus yang satu ini yang akan saya bahas kali ini, beberapa jam yang lalu saya jalan-jalan ke forum-forum indonesia karena memang saya hobi nya baca-baca artikel orang dan gak sengaja dapet thread di forum yang sering saya kunjungi lagi ngeshare info bahwa member forum hampir saja kena tipu oleh saler di tempat belanja online shopee mungkin banyak yang tau dengan website shopee.

Bukan kerjaan hacker yang macam ini tetapi modus penipuan ini di lakukan dengan orang yang gak profesional dan memang menipu dengan cara alakadar nya saja, banyak penipu maca ini biasa nya orang yang memang gak selesai sekolah dan belajar internet secara autodidak dengan cara baca-baca di internet dan belajar tentang coding sedikit dan niat seseorang penipu macam ini dari awal saya yakin belajar internet dari awal niat memang untuk menipu orang di internet .
Saran untuk saya jika anda adalah buyer ( pembeli ) kalian harus sedikit pintar untuk mengerti tentang internet di dan munkgin tips ini akan simpel dan bisa jelas di mengerti dengan temen-temen yang belum paham betul tentang internet dan website .

Tips untuk membeli barang di internet.


Pertama beli barang di internet dengan cara datang ke wesbite yang terpercaya menurut banyak orang website yang terpercaya biasa nya mereka sering memasang iklan di TV perlu di ketahui untuk memasang iklan di TV itu tidak murah dan pasti sering liat iklan tempat belanja online seperti TOKOPEDIA , BUKA LAPAK, SHOPEE dll itu adalah website tempat belanja yang terpercaya

Kedua : Saat melakukan pembayaran atau waktu kamu transfer ke toko online tersebut pastikan pembelian kamu di transfer ke nama perusahaan tersebut misal kamu belanja baju di TOKOPEDIA maka kamu akan di suruh transfer uang ke pihak tokopedia dan uang yang kamu trasfer tersebut atas nama TOKOPEDIA atau beli di website online lain dengan nama perusahaan nya masing-masing.

Ketiga : Jika kamu membeli barang online melalui website pastikan website yang kamu kunjungi itu website yang terpercaya , website yang terpercaya website yang menggunakan link HTTPS itu menandakan data yang kita kirim ke website tersebut benar-baner rahasia  contoh https://www.tokopedia.com atau https://shopee.co.id dan https://www.bukalapak.com bisa di lihat dari link tersebut menggunakan https bukan menggunakan link tanpa SSL

jangan pernah mengirim email dan password ke orang yang tidak kamu kenal karena orang tersebut akan bisa mengakses akun kamu dengan mudah, dan contoh penipuan di internet yang baru saya dapatkan modus ini terbilang baru jadi harap berhati-hati untuk membeli apapun di internet. silakan lihat gambar di bawah ini

awal nya si pembeli ini memasan barang di shopee setelah itu pembeli mengirim uang ke pihak shopee lalu pihak penjual menghubungi si pembeli melalui via Whatsapp dengan mengirimkan link website seperti di atas setelah di kunjungi untuk melihat ternyata link website yang di kirim oleh pihak penjual tampilan nya seperti di bawah ini


Bisa di lihat dari gambar di atas website teresbut yang di kirim penjual dari shopee menyuruh pihak pembeli untuk mengisi email dan password akun shopee nya . Perlu di cermati website yang di kirim oleh pihak penjual di shopee tersebut link nya saja menggunakan domain gratisan menggunakan TK domain tersebut adalah domain gratisan siapa saja bisa menggunakan nya sedangkan untuk orang-orang yang memiliki website atau blog di internet pasti sudah tau kalau domain seperti itu adalah domain orang-orang yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli domain dan banyak penipu-penipu menggunakan domain tersebut.

Setelah itu
Si pembeli bertanya
untuk apa masukin Email dan Password? Seller bilang untuk konfirmasi / memastikan, apakah barang yang dipesan sama dgn yang di Shopee .

Pembeli jawab :  "Mas! Saya ini web developer, paham masalah server / domain, dll. Domain dot tk (.tk) itu domain gratis, masa saya harus masukin login Shopee ke web tsb. Web nya juga ga pake HTTPS / SSL."

lalu pembelian di batalkan oleh pembeli

Modus yang mungkin terjadi adalah sbb:

  • Buyer order barang di Shopee, bayar ke Shopee
  • Seller ngirim link / form ga jelas
  • Seller minta buyer memasukin data login Shopee, bilang nya untuk konfirmasi.
  • Buyer masukin data login ke web / form ga jelas
  • Data login didapat Seller
  • Seller kirim barang di Shopee
  • Seller buru2 login ke Shopee buyer atau akun buyer di hack seller.
  • Seller (menggunakan akun buyer) buru2 approve atau buru2 konfirmasi barang diterima.
  • Dana di Shopee cair ke akun Seller
  • Buyer gigit jari

Untuk teman-teman yang belum begitu paham dengan belanja online silaka teman-teman bertanya dengan CS di website atau tanya dengan teman yang sudah pernah berhasil belanja online , jika kamu masih awam tentang belanja online dan kamu ada di posisi ini mungkin kamu akan tertipu dengan cara ini . Jadi di mohon untuk teman-teman jadilah SMART BUYER
Thread forum Ads.id

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar